:: Untuk Muaturun MP3 Kegemaran Anda, Klik Kiri Pada Tajuk Lagu. Anda Kemudiannya Akan Dibawa Ke Halaman Untuk Memuaturun MP3 Tersebut ::

Minggu, 23 Desember 2012

Kisah ANDI CAMMI PAHLAWAN DARI SIDRAP



ANDI CAMMI

Sekedar Info :
Di Kabupaten Sidrap terutama di desa Carawali terdapat sebuah monument pahlawan Daerah yang dulu dipimpin oleh Andi Cammi beserta anak buahnya La Magaribi, La Bengga, Andi Nohong dll. Mereka dieksekusi oleh Belanda di lokasi monument itu saat sedang menyusun kekuatan untuk melawan Belanda. Tapi cerita ini sangat sulit saya temukan buku yang mengisahkan perjuangan mereka, bahkan Pemk...

ab. Kabupaten Sidrap pun tidak menerbitkan buku tentang Andi Cammi, kisah mereka hanya pernah saya dengar oleh orang tua dahulu terutama kakek buyut saya yang kebetulan berprofesi sebagai Imam Masjid Carawali dan ia pernah menyimpan naskah tentang kisah Andi Cammi yang pernah dibagikan kepada setiap Kepala Desa dan Imam Mesjid yang dibuat dengan kertas stensilan oleh Depdikbud pada tahun 1980-an dan itu saya masih kecil banget dan belum tahu apa-apa, setelah saya mengorek informasi kepada Kepala Desa mereka tidak tahu kisah sebenarnya tentang Andi Cammi karena Kepala Desanya masih muda, yang tahu kisahnya hanyalah orang-orang tua dahulu seperti kakek buyut saya, tetapi semuanya sudah meninggal dunia dan naskah yang pernah saya baca dan aku lihat waktu kecil itu sudah hilang entah kemana, tetapi saya berhasil menemukan satu buah Al Quran kuno yang ditulis tangan, tetapi saya tidak tahu siapa yang pertama kali menulis Al Quran ini apakah kakek buyut saya atau kakeknya kakek buyut saya, keluarga yang saya tanya tidak ada yang tahu tentang siapa penulis Al Quran tulisan tangan ini. Al Quran ini masih aku simpan baik-baik.
Dan ini ada sedikit informasi tentang kisah Andi Cammi yang berhasil saya wawancarai adalah guru SD Carawali, Sidrap yang juga hanya sedikit informasi yang dia dapat, karena saat kejadian terjadi dia juga belum lahir. Datanya belum lengkap dan akurat, oleh karena itu saya sangat berminat sekali menulis tentang kisah Andi Cammi yang belum pernah di bukukan oleh penerbit mana pun. Apalagi foto saat Andi Cammi masih hidup juga sulit ditemukan.

Kisah Terbununhya A. Cammi Pahlawan asal Kab. Sidrap

Andi Cammi terbunuh oleh tentara Belanda yang bermarkas di Rappang tidak lepas dari adanya pengkhianatan dalam keluarganya sendiri. Konon kabarnya Puang Runa paman A. Cammi sendiri yang memberikan informasi tentang keberadaan Hamidong atau A. Cammi karena balas dendam Puang Runa kepada Hamidong karena ia mengira A. Cammi yang menyebabkan Puang Runa mengalami korban perampokan yang dilakukan oleh Pria bertopeng beberapa hari yang lalu, maka Puang Runa pun memberitahu Belanda bahwa telah terjadi Pertemuan Rahasia A.Cammi dan teman-temanya di desa Carawali, setelah mendapat informasi dari Puang Runa maka datanglah Pasukan Belanda dengan 3 buah Jip dan membrondongkan peluru kearah pertemuan A. Cammi tapi waktu itu A. Cammi hanya tertembak dipaha kirinya dan berusaha bersembunyi didalam lubang disawah.
Belanda waktu itu tidak mengenal wajah A. Cammi, “Mana Hamidong, kamu Hamidong yah?”, kata prajurit Belanda pada Andi Cammi. Awalnya Andi Cammi tidak mengaku bahwa dirinya adalah Hamidong tapi berselang beberapa jam kemudian maka datanglah Puang Runa dan mengatakan kepada Belanda bahwa ini adalah Hamidong. Maka diseret paksalah Hamidong (A. Cammi) kedalam mobil jip Belanda dengan posisi kepala dibawah dibagian mesin mobil belanda, ia pun mendapat siksaan hebat dari Penjajah Belanda yang bermarkas dibekas RSUD Arifin Nu’mang Rappang (Sekarang ini) dan Belanda menghabisinya dengan menembakkan peluru dipelipis kepala Hamidong (A.Cammi) hingga tewas.

PERHATIAN : JIKA TERDAPAT LINK MUATURUN YANG GAGAL BERFUNGSI ATAU TERDAPAT MASALAH UNTUK MUATURUN MP3,KOMEN-KOMEN,SERTA CADANGAN-CADANGAN LAIN SILA NYATAKAN DALAM KOTAK KOMEN YANG TERDAPAT PADA SETIAP POST. KOTAK KOMEN TIDAK DIPAPARKAN PADA LAMAN UTAMA. KERJASAMA ANDA AMATLAH DIHARGAI.

14 komentar:

faazhahra17 mengatakan...

Mohon maaf, boleh tau ini ceritanya sumbernya pasti? Atau hanya dari satu belah pihak saja?

Unknown mengatakan...

Menurut cerita. Pung Caco adalah sepupu satu kali Andi Cammi dan telah membalas kematian sepupunya.Pung Caco adalah neneku

Unknown mengatakan...

Andi nohong saudara dg a. Cammi.
Andi cammi stelah buka puasa di carawali ditangkap oleh belanda lalu di ikat di pohon besar yg ada di rappang sy lupa dimana tpatnya, mertua sya blg phon bsar itu di skitaran rumah h. Rusdi masse yg jdi cafe skrg. Sya tau cerita dr mertua yg suaminya jg tman sperjuangan a. Cammi yaitu. A. Yusuf Makkarennu. Dan a. Nohong adalah nenek sya. Ayah dari etta saya. A. Ali Hasan Nohong(etta msh hidup namun skrg sakit) A. Nohong berjuang di daerah dongi dan sekitarnya, makanya disana ada lapangan a. Nohong dan monumennya sndiri ada di PKJnne.

Unknown mengatakan...

Andi nohong saudara dg a. Cammi.
Andi cammi stelah buka puasa di carawali ditangkap oleh belanda lalu di ikat di pohon besar yg ada di rappang sy lupa dimana tpatnya, mertua sya blg phon bsar itu di skitaran rumah h. Rusdi masse yg jdi cafe skrg. Sya tau cerita dr mertua yg suaminya jg tman sperjuangan a. Cammi yaitu. A. Yusuf Makkarennu. Dan a. Nohong adalah nenek sya. Ayah dari etta saya. A. Ali Hasan Nohong(etta msh hidup namun skrg sakit) A. Nohong berjuang di daerah dongi dan sekitarnya, makanya disana ada lapangan a. Nohong dan monumennya sndiri ada di PKJnne.

Unknown mengatakan...

Betul itu.., Andi Nohong dan Andi Cammi adalah SAUDARA KANDUNG, saya Adalah CUCU LANGSUNG DARI ANDI NOHONG , IBU SAYA ADALAH ANAK KANDUNG ANDI NOHONG

Unknown mengatakan...

Andi Nohong dan Andi Cammi adalah SAUDARA KANDUNG, saya Adalah CUCU LANGSUNG DARI ANDI NOHONG , IBU SAYA ADALAH ANAK KANDUNG ANDI NOHONG, klo anda tidak tau sejarah...jangan sok-sok mau berbicara sejarah bos...apalagi tulisan anda ini SALAH alias HOAX

Unknown mengatakan...

jadi siapa nama ta pale puang..?

Unknown mengatakan...

Andi Nurnaga Nohong

Unknown mengatakan...

silsilah keturunan andi cammi ada dirumah saya... kalau mau tau silahkan datang kerumah saya..

Unknown mengatakan...

yg lebih tepatnya mata" pembunuh andi cammu adalah petta sanrang

Unknown mengatakan...

saya punya silsilah andi cammi dirumah

faazhahra17 mengatakan...

Baik terimakasih atas kejelasannya 🙏 saya beri masukan kepada penulis agar menulis secara objektif jangan hanya memberikan informasi sepihak. Karena bisa menyebabkan kesalahpahaman ...

Unknown mengatakan...

Maaf, saya cucu asli andi cammi, bapak saya adalah anak kandung dari beliau, dan jika ingin membuat kisah ttg andi cammi, seharusx si penulis cari keluargax, biar ceritax tidak simpang siur begini,bpk saya bernama Haji andi noni cammi, anak ke 3 dari andi cammi

A. Cammi. mengatakan...

Berapa bersaudara anak A. Cammi, dan siapa saja...???

Posting Komentar

Featured Video

SENARAI TETAMU KEHORMAT MUATURUN MP3 PERCUMA

Followers