:: Untuk Muaturun MP3 Kegemaran Anda, Klik Kiri Pada Tajuk Lagu. Anda Kemudiannya Akan Dibawa Ke Halaman Untuk Memuaturun MP3 Tersebut ::

Minggu, 23 Desember 2012

FENOMENA NASIONALSIME (Indonesia)


Oleh : Soefirman

Nasionalisme per defenisi seting kali dikonotasikan dengan aspek-aspek emosional, kolektif, dan idola serta sarat memori historis. Nasionalisme selalu melibatkan dimensi emsosi atau rasa, seperti seperasaan, sepenanggungan, seperantauan, dan senasib. Faktor memori historis adalah faktor kecendrungan yang dibangun untuk menumbuhkan perasaan "bersatu" dalam sebuah konsep kebangsaan tertentu.

Menurut Ernest Renan, seorang teoritikus Prancis, dalam esai terkenalnya "What is a Nation" menyebutkan bahwa nasion adalah jiwa dan prinsip spritual yang menjadi ikatan bersama, baik dalam pengorbanan (sacrifice) maupun dalam kebersamaan (solidarity) . sementara menurut Benedict Anderson (2002), nasiona didefenisikan sebagai “sebuah komunitas politik terbayang” (animagined political community). Nasion pada awalnya lebih dalam bentuk imajinasi pikiran belaka. Namun, nasiona kemiudian terbanyangkan sebagai suatu komunitas, dan diterima sebagai persahabatan yang kuat dan dalam (deep horizontal comradeship) (Dekade, 2000).

Dalam semangat itulah , nasionalisme Indoensia muncul sebagai satu ikatan bersama melawan kolonialisme. Di sini nation dan nasionalisme dipakai sebagai perasaan bersama oleh penindasan kolonialisme, dan oleh karena itu, dipakai sebagai senjata ampuh untuk membangun ikatan dan solidaritas kebersamaan melawan kolonialisme.

Tidak dapat disangkal bahwa nasionalsime Indonesia, seperti juga nasionalisme Norwegia memisahkan diri dari Kerjaan Denmark dan menjadi Negara merdeka tahun 1905, yang menurut Thomas Hylland Eriksen, didahului dengan “penciptaan” budaya dan bahasa Norwegia yang berbeda dari Denmark. Untuk itu, para pencetus kemerdekaan Norwegia mengambil budaya dan bahasa (dialek) para petani di tengah pegunungan Norwegia sebagai budaya dan bahasa mereka. Ini untuk mempertegas identitas mereka melawan penggunaan bahasa Denmark di kota Norwegia.

Demikian pula para pendiri bangsa (founding fathers) Indonesia, melalui Budi Utomo dan kemudian Sumpah Pemuda, telah menciptakan nasionalisme Indoensia yang lintas etnis, dengan symbol bendera Merah Putih dan bahasa Indonesia.

Rakyat Indonesia seperti juga Amerika Serikat, adalah masyarkat yang amat pluralistis, baik dari segi etnisitas, bahasa ib, maupun adat budayanya. Tetapi berbeda dari masyarakat Amerika Serikat yang sebagian besar (kecuali native American, Indian) adalah pendatang, yang dengan kemauan sendiri mendatangi benua tersebut, suku-suku bangsa Indonesia adalah penduduk pribumi. Mereka sudah beribu tahun menghuni wilayah tertentu yang kemudian menjadi Republik Indonesia.

Perasaan menjadi pemilik sah dari suatu wilayah lebih kental di antara kelompok etnis Indonesia dibandingkan rakyat Amerika Serikat. Maka, sungguh merupakan keberhasilan yang sangat besar dari dari para pendiri Negara ini untuk dapat membuat mereka kini merasa bahwa tanah air kita adalah Indonesia, bukan hanya Jawa, Bali, Sulawesi, Irian, dan sebagainya. Pembentukan rasa nasionalisme Indonesia sebagai Negara kepulaun terbesar di dunia, tentu jauh lebih sulit dibandingkan dengan Norwegia yang negaranya berupa satu daratan tanpa terpisahkan oleh lautan

R e n u n g a n
Setidaknya dengan cara memahami bangsa kita sebagai bangsa yang besar itu dikarenakan perbedaan dan naluri nasionalisme yang tinggi untuk menyatu dalam satu wilayah yang kita sebut Indonesia, bukan dikarenakan perbedaan itu justru kita mengkultuskan arogansi dan keunggulan suatu etnis, budaya dan agama sekalipun sebagai sumber perpecahan, petuah-petuah, pesan-pesan bijak dari adat dan budaya kita, serta pesan-pesan kegamaan kita adalah syarat makna akan rasa kemanusiaan

“bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”
Untukmu Bangsaku yang elok seperti pelangi karena perbedaan warna yang membentuknya….



PERHATIAN : JIKA TERDAPAT LINK MUATURUN YANG GAGAL BERFUNGSI ATAU TERDAPAT MASALAH UNTUK MUATURUN MP3,KOMEN-KOMEN,SERTA CADANGAN-CADANGAN LAIN SILA NYATAKAN DALAM KOTAK KOMEN YANG TERDAPAT PADA SETIAP POST. KOTAK KOMEN TIDAK DIPAPARKAN PADA LAMAN UTAMA. KERJASAMA ANDA AMATLAH DIHARGAI.

Featured Video

SENARAI TETAMU KEHORMAT MUATURUN MP3 PERCUMA

Followers