:: Untuk Muaturun MP3 Kegemaran Anda, Klik Kiri Pada Tajuk Lagu. Anda Kemudiannya Akan Dibawa Ke Halaman Untuk Memuaturun MP3 Tersebut ::

Selasa, 07 Februari 2012

Kementan Tetapkan Ayam Gagap Rumpun Sulsel


Makassar (Phinisinews) - Kementerian Pertanian telah menetapkan ayam gagap (ayam ketawa) sebagai rumpun Sulawesi Selatan.

"Sulsel ditetapkan sebagai rumpun ayam gagap. Sudah ada SK (Surat Keputusan) dari Kementerian," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Murtala Ali di Makassar, Kamis.
 
Dia mengatakan, ada lima jenis ayam gagap yang ditetapkan jadi rumpun Sulsel, ditinjau dari berbagai karakteristik, termasuk keunikan bulu, mata dan kaki.
Menurut dia, proses pengajuan ayam gagap menjadi ragam Sulsel, cepat mendapat tanggapan dari Kementan dengan tanpa pertimbangan panjang langsung mengeluarkan SK.

"Ini perintah Gubernur yang mendapat tanggapan cepat dari Kementerian. Tujuannya agar tidak diklaim daerah lain atau negara lain," jelasnya.

Murtala mengemukakan, sebelum menjadi rumpun Sulsel, ayam gagap mengalahkan ayam serupa dari Sumatera Barat (Sumbar).

"Pernah diadu, yang dari Sumbar hanya sampai tiga kali ketukan berhenti, sementara ayam gagap Sulsel sampai delapan kali ketukan belum berhenti," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, permintaan ayam gagap Sulsel dari seluruh Indonesia sangat besar dengan harga yang sangat mahal.

Dinas Peternakan Sulsel juga mengeluarkan larangan pemasaran antarpulau, khusus untuk ayam gagap betina, demi menjaga kekhasan Sulsel.

Murtala mengemukakan, pihaknya menyiapkan Rp100 juta di APBD untuk pembibitan ayam gagap di Kabupaten Sidrap, daerah yang menjadi sentra ayam ketawa Sulsel.

Sidrap adalah daerah yang memperkenalkan kontes ayam ketawa (gagap) yang kemudian direspon Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang membuat kontes serupa di rumah jabatan Gubernur awal 2011.

Sampai saat ini, di rujab ada lima ayam gagap yang diletakkan berjejer dalam sangkar di koridor masuk tempat gubernur beristirahat dan menerima tamu.

Murtala Ali juga meminta kepada pemilik dan pencinta ayam gagap Sulsel untuk menghentikan sementara kontes ayam ketawa, demi menghindari virus flu burung yang melanda Sidrap, Pinrang, dan Kota Parepare.
(Sumber: PhinisiNews/Ant)


PERHATIAN : JIKA TERDAPAT LINK MUATURUN YANG GAGAL BERFUNGSI ATAU TERDAPAT MASALAH UNTUK MUATURUN MP3,KOMEN-KOMEN,SERTA CADANGAN-CADANGAN LAIN SILA NYATAKAN DALAM KOTAK KOMEN YANG TERDAPAT PADA SETIAP POST. KOTAK KOMEN TIDAK DIPAPARKAN PADA LAMAN UTAMA. KERJASAMA ANDA AMATLAH DIHARGAI.

Featured Video

SENARAI TETAMU KEHORMAT MUATURUN MP3 PERCUMA

Followers